}); Bangun Pabrik Monasit di Pulau Bangka, PT Timah Optimalkan Kekayaan Alam untuk Kesejahteraan Rakyat, Bangsa dan Negara – POTRET INDONESIA
Rab. Mei 27th, 2020

POTRET INDONESIA

Politik, Hukum, Bisnis, Budaya

Bangun Pabrik Monasit di Pulau Bangka, PT Timah Optimalkan Kekayaan Alam untuk Kesejahteraan Rakyat, Bangsa dan Negara

Dirut PT Timah foto bareng di depan logo baru

Dirut PT Timah foto bareng di depan logo baru


POTRET-INDONESIA.ID, PT Timah Tbk menargetkan tahun 2020 pembangunan pabrik Monasit di Pulau Bangka sudah bisa dimulai dilaksanakan pengerjaannya.

Keberadaan pabrik ini nantinya akan mengelola mineral tanah jarang  seperti monasit, sirkon eliminit dan mineral ikutan lainnya.

“Saat ini, kami sedang negosiasi akhir, masih ada beberapa hal yang masih dalam pertimbangan yakni mengenai teknologi yang akan kita pakai,” kata Direktur Utama PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani pada POTRET INDONESIA.ID usai peluncuran logo baru MIND ID di Pangkalpinang, 17 Januari 2020 .

Ia menyatakan, mudah-mudahan dengan diskusi panjang, dalam waktu yang tidak lama lagi pembangunan pabrik Monasit segera terealisasi.

“Harapan kami pada tahun 2020 ini juga pembangunan pabrik Monasit dan pecahanya segera dimulai pengerjaanya di Pulaui Bangka,” ujar Riza.

Riza mengungkapkan, insya allah pembangunan pabrik Monasit bisa berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

Dirut PT Timah Tbk, Mochtar Reza Pahlevi saat di wawancarai
Dirut PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi saat di wawancarai

 

Kami Patuh pada Pemerintah

Ditanya soal akan disahkannya Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Zonasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) oleh DPRD Bangka Belitung  menurut Riza itu sah-sah saja. Karena PT Timah adalah perusahaan milik Negara, dan tentunya akan patuhmengikuti apapun peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Intinya, kita akan bahas dan patuh pada pemerintah. Kami yakin pemerintah bakal membuat keputusan yang terbaik, dimana kita seharus secara penuh memanfaatkam sumber daya alam.yang di miliki oleh bangsa ini,” ucapnya.

Menurut dia, sangat disayangkan apabila sumber daya alam yang besar di Indonesia tidak dimanfaatkam secara benar.

“Yang pasti, bangsa Indonesia diberi berkah dengan memiliki kandungan biji timah yang didalamnya berisi mineral lainnya seperti monasit, sirkon, eliminit dan lain-lain,” ungkapnya.

Ia berharap, kedepan kita semua bisa hidup bersama dan jalan bersama satu sama lain saling mendukung untuk mengoptimalkan mineral-mineral yang ada  tersebut agar bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Dirut PT Timah ngobrol santai bareng jajaran dan Komisaris
Dirut PT Timah ngobrol santai bareng jajaran dan Komisaris

 

Bangun Smelter di Bangka Barat

Rencana besar PT Timah Tbk di tahun 2020, selain membangun pabrik Monasit, perusahaan pertambangan timah dengan code MIND ID juga adalah akanmembangun smelter di Kabupaten Bangka Barat.

“Insya allah pemabngunan akan dimulai awal bulan Februari  atau akhir bulan Januari 2020, ujar Riza.

Dengan adanya peleburan timah yang ada di Peltim  Muntok, Kabupaten Bangka Barat saat ini, menurut Riza tetap berjalan. Kedepan kedua pabrik ini akan kita sinergikan untuk saling mengisi.

Terkait sumber dana untuk pembanguna smeltet, Riza mengatakan telah disiapkan melalui pembiayaan dengan skema kredit ekspor (finterra). 

” Soal dana sudah tidak ada masalah, karena berdasarkan estimasi persiapan dana pembangumam smelter kurang lebih Rp 850 M.

Penulis : Tonny Budianto

Editor : Waluyo


Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.