}); Dimasa Covid-19 Pelanggaran Lalin Meningkat, Satlantas Hanya Beri Teguran – POTRET INDONESIA
Rab. Mei 27th, 2020

POTRET INDONESIA

Politik, Hukum, Bisnis, Budaya

Dimasa Covid-19 Pelanggaran Lalin Meningkat, Satlantas Hanya Beri Teguran


Samarinda, Potret-Indonesia.id – Dalam rangka masa tanggap darurat bencana Coronavirus Discase (Covid-19), kepolisian telah mengambil sejumlah kebijakan dalam bidang lalu lintas. Salah satunya menidakan razia kendaraan bermotor yang biasa dilakukan dibeberapa kawasan kota Samarinda Kalimantan Timur.

Kasat Lantas Polresta Samarinda, Kompol Erick Budi Santoso melalui WhatsApp (WA) nya (22/5/2020) mengatakan, sesuai dengan kebijakan Bapak Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, pada saat dimulainya pandemi Covid-19 bertepatan dengan diadakannya operasi simpatik atau keselamatan lalu lintas yang mana kebijakannya tilang adalah upaya terakhir dan sebisa mungkin dihindari.

Kemudian karena masa tanggap darurat Covid-19 ops ketupat diperpanjang dari yang sebelumnya H-7 s/d H+7 lebaran menjadi mulai 1 Ramadhan hingga H+7 lebaran dengan cara bertindak yang sama, “sebisa mungkin tidak melakukan penilangan”. 

Tentunya dengan tidak dilakukan penindakan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) tingkat pelanggaran menjadi semakin meningkat, kedisiplinan masyarakat menurun karena personil di lapangan hanya melakukan peneguran bukan penindakan berupa tilang.

Akan tetapi tidak terdukung oleh data yang ada karena memang Satlantas tidak melaksanakan penilangan kecuali balap liar dan pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan fatalitas korban jiwa.

Saat ini jajarannya kami telah menyiapkan beberapa sanksi seperti pasal 297 UULAJ berbalapan di jalan, akan dipidana kurungan 1 tahun dan denda Rp 3 juta, tutur Erick. (Rey)


Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.