}); Politikus PDIP Charles Honoris : Idealnya Ada Regenerasi Secara Bergilir untuk Pengangkatan Panglima TNI – POTRET INDONESIA
Rab. Mei 27th, 2020

POTRET INDONESIA

Politik, Hukum, Bisnis, Budaya

Politikus PDIP Charles Honoris : Idealnya Ada Regenerasi Secara Bergilir untuk Pengangkatan Panglima TNI


“Ada tiga matra di TNI, dan ketiganya sama pentingnya dalam pertahanan Negara”

Gonjang-ganjing soal pergantian Panglima TNI kini sedang ramai di perbincangankan. Tiga pucuk pimpinan tertinggi matra TNI saat ini, yaitu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, KSAL Marsekal Yudo Margono dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo sama-sama punya peluang menduduki posisi Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto, yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun.

Anggota Komisi I DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan Charles Honoris berharap, penunjukan Panglima TNI yang baru tetap melakukan regenerasi bergilir disetiap matra.

“Idelnya ada regenerasi secara bergilir untuk pengangkatan Panglima TNI. Sebagaimana yang diamanahkan UU mengenai posisi bergilir setiap matra dalam menjabat sebagai Panglima TNI,” kata Charles, Jumat (22/5/2020) kemarin.

Sehingga, lanjut Charles, setiap matra memiliki kesempatan yang sama, untuk mencapai posisi tertinggi di tubuh TNI.
Apalagi kita semakin hari ingin melihat profesionalisme TNI, yaitu memang bukan fokus membamgun dalam kapasitas membamgun ketahanan negara

“Dengan adanya regenerasi bergilir, akan menampik anggapan bahwa TNI hanya sebatas Angkatan Darat saja. Namun seluruh matra punya kesempatan sama terhafap jabatan tertinggi sebagai Panglima TNI,” ungkap Politikus PDI Perjuangan itu.

Charles menegaskan, kita tak ingin memperpanjang anggapan TNI hanya Angakatan Darat saja. Ada tiga matra di TNI, dan ketiganya sama pentingnya dalam hal pertanahan negara.

“Jadi, tidak ada salahnya kalau kita ikuti sesuai UU TNI, kita ada pergantian matra setiap kepemimpinan,” tutur dia.

Ditanyq mengenai kapasitas kepemimpinan tiga orang petinggi TNI tersebut, Charles menjawab normatif. Ketiganya memiliki rekam jejak militer yang sangat bagus.

“Kalau ditanya tentang tiga orang itu, saya yakin setiap dari mereka memiliki kepasitas mumpuni menjadi panglima. Karena, kalau tidak seperti itu, tidak mungkin mereka bisa mencapai posisi tertinggi di matra masing-masing. Tinggal kita lihat saja, yang memang bisa bekerja dengan baik siapa,” pungkas Charles

Penulis : Waluyo/RMOL


Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.