}); Pungli Merajalela di SDN 06 Pagi Jatinegara – POTRET INDONESIA
Rab. Mei 27th, 2020

POTRET INDONESIA

Politik, Hukum, Bisnis, Budaya

Pungli Merajalela di SDN 06 Pagi Jatinegara


POTRET-INDONESIA.ID, Kasus dugaan pungutan liar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Pagi, Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur itu dianggap bisa mencoreng dunia pendidikan Indonesia khususnya di Jakarta.

Sejumlah pihak termasuk para penggiat bidang pendidikan, meminta kepada pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk mengusut tuntas kasus dugaan pungli di sekolah tersebut.

Terungkapnya kasus dugaan pungli di SDN 06 Pagi, Jatinegara, berawal dari ciutan salah seorang wali murid, yang meminta pada waryawan media ini untuk tidak mencantumkan namanya. Ia kemudian membeberkan modus yakni memungut uang kas kelas, dan besarannya pun berbeda-beda per kelas.

Di kelas IV F, sebut dia, setiap siswa dipungut sebesar Rp. 5. 000.00 (lima ribu rupiah) per minggu. Sedangkan di kelas VI F, setiap siswa juga dipungut sebesar Rp. 20.000.00 (dua puluh ribu rupiah) per bulan, dan dikumpulkan oleh koordinator kelas (korlas). Sementara di kelas VI C, untuk kegiatan pendalaman materi (PM), Kevin selaku koordinator kelas memungut uang Rp. 20.000. 00 (dua puluh ribu rupiah).

Pungutan juga terjadi di kelas V A dan V C, yakni sebesar Rp. 10.000. 00 (sepuluh ribu rupiah) per bulan melalui mama Yanti.

Ketika awak media hendak menanyakan langsung masalah dugaan pungli kepada Kepala Sekolah SDN 06 Pagi, Jatinegara, Wagiyah tidak bersedia bersedia berkomentar. Ia meminta waktu karena harus crosscek dulu di sekolah terkait masalah tersebut.

Namun ke esokan harinya, ketika awak media kembali menanyakan Wagiyah terkait masalah pungli di sekolahnya, Kepala Sekolah SDN 06 Pagi, Jatinegara, Wagiyah menegaskan, tidak ada pungutan liar yang terjadi di sekolahnya. “Silahkan saja, jika hendak laporkan saya ke Kasudin Pendidikan I Jakarta Timur, saya tidak takut,” ujarnya.

Kepala Bidang Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Momon Sulaeman mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti tentang laporan dugaan praktik pungutan liar di SDN 06 Pagi, Jatinegara. Menurut dia, sebaiknya Kasudin Pendidikan Jakarta Timur 1 panggil segeta Kepsek untuk dimintai keterangan terkait masalah pungli di sekolah tersebut.

“Kepsek SDN 06 Pagi, Jatinegara, panggil segera supaya masalah ini cepat clear dan tidak melebar kemana-mana yang bisa mencoreng dunia pendidikan khususnya di Jakarta,” imbuh Momon.

Terkait dengan pungutan liar (pungli), Presiden Joko Widodo sebelumnya telah membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Bahkan, pemerintah juga telah menyediakan Kanal Pelaporan Pungutan Liar di semua instansi dan lembaga pemerintahan termasuk di Kementerian Pendidikan.

Penulis : Tonny Budianto


Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.