}); Tahun 2021, Pertamina Produksi B 100 – POTRET INDONESIA
Rab. Mei 27th, 2020

POTRET INDONESIA

Politik, Hukum, Bisnis, Budaya

Tahun 2021, Pertamina Produksi B 100


POTRET-INDONESIA.ID, PT Pertamina (Persero) menargetkan mulai memproduksi Biodesel 100% atau B 100 di tahun 2021. Nantinya, produksi B 100 itu akan dilakukan di kilang Cilcap, Jawa Tengah.

“Quick win pertengahan tahun depan. Sudah ada B 100, 6.000 barel per hari,” demikian dikatakan Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dihadapan pimpinan rapat Panja BUMN Energi Komisi VI DPR Gde Sumarjaya Lingga dan para anggota dewan komisi VI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 25 Februari 2020.

Selain di kilang Cilacap, lanjut Nicke, proses produksi B 100 juga akan dilakukan di kilang Plaju, Palembang dan kilang Dumai, Pekanbaru. Keduanya merupakan kilang eksisting yang dikembamgkan atau Rafenery Development Master Plan (RDMP).

“Stand alone 600 juta dollar AS (investasinya). Kalau kita convert di kilang tua, bisa hemat 50 persen dari pada kita bangun baru. Jadi, ini lebih kita kedepankan,”ujar Nicke.

Namun, Nicke meminta keistimewaan harga pasokan minyak sawit (CPO) untuk penerapan program B 100. Keistimewaan yang dalam negeri (Domistic Market Obligation) minyak sawit.

“Ongkos produksi tergantung harga CPO-nya. Kami meminta DMO untuk CPO. Jadi, CPO Khusus Bionergi. DMO Volume, dan DMO harga,” pungkas Nicke.

Penulis : Waluyo


Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.